Sistem power steering bisa diartikan seperti namanya, power yang berarti tenaga, dan steering yang berarti pengemudian. Bisa diartikan kalau sistem power steering adalah sebuah sistem tambahan yang digunakan untuk menambah tenaga pengemudian.

Dengan adanya sistem power steering, maka untuk menggerakan roda depan yang jelas-jelas memiliki beban cukup besar bisa dilakukan dengan mudah.

Fungsi power steering itu ada beberapa antara lain ;

  • Meringankan beban pengemudian
  • Menstabilkan steer saat kecepatan tinggi
  • Mempermudah berkemudi.


Namun, sistem power steering ini hanya diaplikasikan pada kendaraan roda empat atau lebih, sementara pada motor tidak da mekanisme power steering. Alasannya, tidak lain karena mobil mempunyai bobot besar ditambah, tapak ban depan itu lebar yang membuat gaya geseknya besar sehingga berat kalau harus dibelokan. tetapi selain ada keuntungan nya pada pernyataan di atas, kita juga harus tau bagai mana kekurangan nya, simak untuk kekurangan sistem powerstering...

   Sistem powerstering memang sangatlah membatu untuk kita semua, tapi jangan lupa kita juga harus memperhatikan kelemahan nya, karena jika sudah ada kelebihan pasti juga ada kekurangan nya, kekurangan nya sih simpel jadi kekurangan nya kita harus selalu merawat nya dengan baik, dan biaya jika sudah bermasalah bakal lebih mahal di bandingkan mobil yang belum menggunakan sistem ini.
untuk konsultasi lebih jelas bisa hubungi kami, di www.bengkelrsauto.com